Artha Safety Indonesia

Pembinaan dan Sertifikasi Petugas P3K Kemnaker RI : Inhouse Training PT. Nana Yamano Technik

Facebook
Twitter


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) semakin menjadi prioritas utama Perusahaan-perusahaan besar. Selain karena pentingnya menjaga Keselamatan, kini K3 menjadi syarat wajib Perusahaan taat regulasi dan juga sudah menjadi syarat-syarat wajib dalam proyek dan tender. PT Nana Yamano Technik salah satu Perusahaan yang sudah menerapkan sistem K3 di perusahaannya.

Perusahaan yang beralamat di JL. Wolter Monginsidi no. 11 Jakarta ini bergerak di bidang Kontraktor Pengeboran minyak dan gas. PT Nana Yamano Technik berdiri sejak tahun 1980 dan memiliki beberapa bengkel lengkap dengan karyawan terlatih di seluruh Indonesia untuk service peralatan.

Pada bulan Desember 2023, PT Artha Safety Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan Pembinaan dan Sertifikasi Petugas P3K di salah satu lokasi Yard Pengeboran minyak PT Nana Yamano Technik di area Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Permintaan Inhouse training tersebut menjadi salah satu pengalaman terbaik PT Artha Safety Indonesia untuk datang langsung ke lokasi yard pengeboran minyak salah satu Perusahaan terbesar di Indonesia.

Pelatihan Petugas P3K

Pembinaan dan Sertifikasi Petugas P3K dilaksanakan secara inhouse training dengan skema full offline dan diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari HSE, dirreck man, dan staff PT nana Yamano Technik. Pelatihan di mulai di hari Senin tanggal 12 Desember 2023 di hotel Wisma Djaja Syariah Jalan Dokter Wahidin No.43 2 lantai, Kepatihan, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

dalam pelatihan petugas P3K PT Artha Safety Indonesia mendatangkan dokter sekaligus tenaga ahli untuk memberikan materi first aid dari hari pertama hingga hari terakhir. Materi yang diberikan secara offline memungkinkan para peserta secara langsung melakukan praktek dengan didampingi secara intens oleh dokter Chori Fadhila Putri selaku Narasumber. Sehingga sejak materi pertama diberikan hingga hari terakhir suasana pelatihan berjalan lancar dan tanpa kendala. peserta mendapatkan ilmu secara teori dan praktik sehingga lebih mudah dipahami.

Ujian Virtual dan Praktik

Pada hari ketiga pembinaan dilakukan ujian virtual temank3 sebagai bentuk evaluasi dan pemahaman materi yang sudah diberikan oleh narasumber kepada peserta. pada ujian teori juga menjadi penentu apakah para peserta layak menjadi tenaga Petugas P3K dan mendapatkan lisensi resmi dari Menteri Tenaga Kerja. 

Ujian berlangsung bersama dengan evaluator dokter Dewi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Peserta melaksanakan ujian dengan menjawab soal pilihan ganda dan essay. dari total sebanyak 10 peserta beberapa diantaranya harus melaksanakan remedial dikarenakan poin yang didapatkan dari ujian teori masih kurang dari standar nilai kelulusan. Sesi Remedial diberikan dalam bentuk studi kasus dan dikerjakan dalam waktu 30 menit. setelah menunggu kurang lebih break 30 menit kelulusan di umumkan dan semua peserta in house training dinyatakan lulus oleh ibu Dewi.

Output dari pelatihan ini adalah masing-masing peserta mendapatkan sertifikat resmi dari Kemnaker RI dan juga sembari menunggu penerbitan dalam kurun waktu 3 bulan PT Artha Safety Indonesia memberikan Sertifikat Sementara atau Surat Tanda Mengikuti Pelatihan yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa peserta sudah menyelesaikan pelatihan dan Sertifikasi Petugas P3K.

PT Artha Safety Indonesia memberikan pelayanan terbaik dalam inhouse training secara offline mendatangkan langsung narasumber ahli sampai di pendampingan ujian sehingga peserta mendapatkan bimbingan dan dapat lulus dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *